News Kota   2024/05/01 12:58 WIB

Hadiri Acara Temu Ramah, Bupati Rohil Ucapkan Selamat Atas Penabalan Adat Kajati Riau

Hadiri Acara Temu Ramah, Bupati Rohil Ucapkan Selamat Atas Penabalan Adat Kajati Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Bupati Rokan Hilir [Rohil] Afrizal sintong SIP M.Si menghadiri prosesi penabalan gelar adat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas.

Penabalan gelar dilaksanakan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di Balai Adat Melayu Riau, Pekanbaru, Selasa (30/4/2024).

Tampak hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Indragiri Hulu, Romiyasih. Wabup Junaidi hadir sekitar pukul 08.30 WIB lengkap menggunakan baju melayu dan songket khas kebanggaan.

Ratusan tamu undangan juga tampak menghadiri acara tersebut, mulai dari tamu aggung Gubernur Riau, kepala daerah, petinggi LAM kabupaten/kota, dan tamu kehormatan lainnya. Seluruhnya diwajibkan mengenakan pakaian Melayu.

Kepala Kejati Riau dikukuhkan dan ditabalkan dengan gelar adat "Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri".  

Sebelum dilaksanakan prosesi penabalan Adat, Kepala Kejati Tuan Akmal Abbas beserta rombongan diarak dari menuju Balai Adat Melayu Riau diiringi dengan tabuhan kompang.

Gelar adat Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri yang diberikan didasarkan pada sejumlah pertimbangan yang dilakukan jajaran Pengurus LAM Riau. Ini merupakan gelar melekat pada individu, bukan gelar yang melekat pada jabatan dan tidak bisa diwariskan.

"Gelar adat ini merupakan bentuk penghormatan orang Melayu kepada orang yang telah mengangkat kehormatan Melayu dalam segala hal. Baik secara pribadi, maupun dalam lembaga yang dipimpinnya," ucap Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Taufik Ikram Jamil. 

Adapun gelar Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri bermakna seorang pemimpin yang penuh dengan cahaya kebaikan, memiliki gerak dan perilaku elok.

Juga memiliki kekuatan maupun kekuasaan besar yang ada pada dirinya untuk meneguhkan dan menjalankan tanggung jawab kesetiaan, menjunjung dan memuliakan negeri sesuai sesuai alur patutnya.

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong bersama Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau beserta tokoh masyarakat Riau menghadiri prosesi penabalan gelar adat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir, mengucapkan selamat prosesi atas penabalan gelar adat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas," kata Afrizal Sintong.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir beserta masyarakat Rohil mengucapkan selamat dan tahniah atas prosesi penabalan gelar adat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas," ucapnya. (*)

Tags : lembaga melayu riau, lam riau, penabalan adat kajati riau, News Kota,