Pekanbaru   2024/05/06 15:54 WIB

Pemko Pekanbaru Jadi Tuan Rumah dalam Acara Rakerwil I Apeksi Tahun 2024

Pemko Pekanbaru Jadi Tuan Rumah dalam Acara Rakerwil I Apeksi Tahun 2024

PEKANBARU, RIAUPAG.COM - Penjabat (Pj) WaliKota Pekanbaru, Muflihun memastikan rangkaian Rakerwil I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2024 berlangsung di Kota Pekanbaru.

"Kota Bertuah dapat kehormatan jadi tuan rumah dalam Rakerwil I Apeksi Tahun 2024."

"Pada hari pertama kita jamu para peserta yang sudah hadir," kata Pj WaliKota Pekanbaru, Muflihun, Selasa (30/4).

Pj Muflihun mengatakan rangkaian acara dimulai pada, Kamis (2/5/2024) lusa. Acara ini nantinya diawali dengan Sua Pemuda di RTH Tunjuk Ajar Integritas.

Pembukaan dan pelaksanaan rakerwil berlangsung di Grand Ballrooom Hotel Pangeran pada Jumat 3 Mei 2024 kemarin.

Ada juga pelaksanaan ladies program di Balai Dang Merdu Kantor BRK Syariah dan di halaman Kantor Gubernur Riau.

Selain itu, ada juga Gebyar Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia dan Lancang Kuning Carnival. Selanjutnya ada Pertemuan Forum Bisnis di Pekanbaru yang dihadiri seluruh peserta, Sabtu (4/5).

Kegiatan lain yang masuk dalam rangkaian ada juga kegiatan penanaman pohon yang berlangsung di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Pj Muflihun mengajak masyarakat Pekanbaru untuk ikut menyukseskan rangkaian Rakerwil 1 Apeksi 2024. 

"Kami memastikan, Kota Pekanbaru siap menyambut tamu dari berbagai daerah dalam Rakerwil Apeksi 2024," ujarnya.

Apeksi Wilayah I sendiri meliputi 24 kota di Sumatera. Salah satu peserta yang hadir adalah Wali Kota Medan, Bobby Nasution sebagai Ketua Apeksi Komwil I.

Dua puluh empat walikota hadir

Dua puluh empat Walikota hadiri Raker Komwil I APEKSI Tahun 2024 di Pekanbaru.

“Kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun yang telah mempersiapkan acara Raker APEKSI ini dengan sebaik-baiknya,” kata Penjabat Wali Kota Payakumbuh Jasman yang turut hadir bersama Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ny Lasta Jasman pada agenda tahunan yang terpusat di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru tersebut.

Raker Apeksi 2024 mengangkat tema Kolaborasi Kota Menuju Indonesia Emas 2024 dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri diwakili Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bidang Hukum, Kerjasama, dan Kepegawaian Suhajar Diantoro.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam dan Wakil Ketua III Komwil I Apeksi Amir Hamzah yang disaksikan langsung oleh delegasi dua puluh empat kota dari lima Provinsi yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

Jasman mengaku terpukau dengan rangkaian acara Raker Komwil I Apeksi yang merupakan kolaborasi Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau sehingga dapat melahirkan acara luar biasa megah perpaduan budaya tradisional dan modern.

“Luar biasa, semoga Raker Komwil I ini tidak hanya sekedar menjadi agenda rutin. Tetapi lebih dari itu, kita mesti bersinergi dan berkolaborasi untuk memajukan daerah kita masing-masing,” ungkapnya.

“Besar harapannya, forum ini tidak hanya untuk bertukar ide semata, sebab nanti kita akan merumuskan sejumlah program kerja dan kegiatan yang akan menjadi sebuah rekomendasi,” imbuhnya.

Sementara Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kota yang dijuluki Kota Bertuah tersebut sebagai tuan rumah penyelenggaraan Raker Komwil I APEKSI 2024.

“Raker APEKSI adalah kesempatan berharga bagi kita yang terlibat dalam pembangunan kota di Pulau Sumatera. Melalui forum ini kita dapat berbagi pengalaman, memperkuat kerjasama, dan merumuskan strategi bersama untuk mengatasi tantangan di wilayah tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan Muflihun, sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru ia menyambut hangat kehadiran para kolega dari berbagai kota di Sumatera.

Muflihun yakin, dengan semangat kebersamaan dan kerjasama yang kuat, para anggota APEKSİ dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan yang telah direncanakan.

“Ada 24 rekomendasi dalam hasil raker kali ini, nantinya bakal disampaikan kepada Pemerintah Pusat,” bebernya.

Rekomendasi tersebut akan diusulkan oleh Pemda ke pemerintah pusat yang dimaksudkan untuk menunjang otonomi daerah dan menyejahterakan masyarakat, termasuk Kota Payakumbuh.

Adapun rangkaian acara Raker Komwil I APEKSI ini turut dimeriahkan dengan kegiatan program kreatif ibu-ibu Wali Kota, pertunjukan pentas seni Bandar Raya Melayu, karnaval dan pawai budaya, fashion carnaval, city walk, olahraga bersama, serta penanaman pohon.

Tak hanya itu, acara bertambah meriah dengan penampilan bintang tamu yang memukau seperti Virgoun, Gigi, Four Twenty, serta artis ibu kota dan artis Pekanbaru lainnya. (*)

Tags : Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, Apeksi Tahun 2024, Pemko Pekanbaru Tuan Rumah Apeksi Tahun 2024 ,