News   2024/05/06 16:9 WIB

Pj SF Hariyanto Jadi Peserta Musrenbangnas 2024 yang Dibuka Secara Resmi Oleh Presiden Joko Widodo

Pj SF Hariyanto Jadi Peserta Musrenbangnas 2024 yang Dibuka Secara Resmi Oleh Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo buka secara resmi Musrenbangnas 2024.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto menjadi salah satu peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024.

Kegiatan Musrenbangnas 2024 diadakan Kementerian PPN/Bappenas berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Senin (6/5/2024).

Musrenbangnas 2024 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Maaruf Amin, serta berbagai pejabat tinggi negara dan daerah.

Musrenbangnas 2024 bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dengan tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Presiden Jokowi menggarisbawahi bahwa Indonesia menghadapi tantangan ekonomi yang serius akibat dampak pandemi COVID-19 serta pertumbuhan ekonomi global yang lesu.

Beberapa negara bahkan telah masuk ke dalam resesi, termasuk Jepang, Inggris, dan beberapa negara Eropa.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya kehati-hatian dalam pengelolaan fiskal dan anggaran untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Sinkronisasi antara rencana pembangunan pusat dan daerah juga menjadi kunci untuk memastikan efektivitas pembangunan.

Misalnya, pembangunan infrastruktur seperti bendungan harus disertai dengan pembangunan irigasi agar manfaatnya dapat dirasakan hingga ke tingkat petani.

"Saat ini semua negara menghadapi ketidakpastian terhadap harga minyak dan suku bunga pinjaman. Oleh karena itu, pengelolaan anggaran harus dilakukan dengan sangat hati-hati," ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan bahwa pemerintah telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Jangka Menengah yang harus disinkronkan dengan RKP masing-masing daerah.

Presiden menilai sinkronisasi penting untuk memastikan efisiensi dan efektivitas pembangunan nasional. (*)

Tags : Musrenbangnas 2024, Presiden Joko Widodo buka secara resmi Musrenbangnas 2024, Pj Gubri SF Hariyanto Hadiri Musrenbangnas 2024, Musrenbangnas 2024 Berlangsung di Jakarta Convention Center, News,