Kesehatan   2024/05/01 12:21 WIB

Warga Diingatkan untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh, 'Seiring Terjadinya Musim Pancaroba Ketidaktentuan Kondisi Cuaca'

Warga Diingatkan untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh, 'Seiring Terjadinya Musim Pancaroba Ketidaktentuan Kondisi Cuaca'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Masyarakat Pekanbaru diimbau untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas, agar tidak terpapar penyakit di musim pancaroba.

"Masyarakat tingkatkan imunitas seiring musim pancaroba."

"Menyikapi imbauan dari BMKG terkait kondisi musim pancaroba atau peralihan musim saat ini terjadi, kita harap agar masyarakat menjaga pola hidup sehat," kata Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulkarnain, Selasa (30/4).

"Selain itu memastikan imun dalam kondisi baik. Tentunya dengan menjaga makan, perbanyak minum air putih plus vitamin," sebutnya.

Zulkarnain juga mengimbau agar masyarakat terutama kepada golongan yang rentan terpapar cuaca ekstrem seperti anak-anak untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Untuk masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika dikira tidak terlalu penting sekali, sebaiknya ditunda bahkan ditiadakan dulu seperti kegiatan anak-anak sekolah di luar ruangan," imbau Zulkarnain.

"Cuaca saat ini kita lihat memang tidak baik, siang hari bisa panas terik tiba-tiba hujan dan sangat rentan diserang batuk pilek bahkan demam," sambungnya.

Kepada pihak Diskes yang ada disetiap pusat layanan kesehatan termasuk Puskesmas diharapkan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak perubahan suhu bagi kesehatan.

"Yang paling banyak dikeluhkan saat perubahan cuaca saat ini batuk, pilek bahkan demam. Untuk itu, tentunya masyarakat juga perlu disosialisasikan dan diberi edukasi menjaga kesehatan di tengah cuaca yang tak menentu ini. Misalnya ada pasien yang mengalami gejala batuk pilek disuruh memakai masker agar tidak menular ke orang lain. Asupan vitamin dan air putih juga saya rasa juga sangat penting," ujarnya lagi.

Di samping itu, Zulkarnain juga berharap peran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam hal ini Dishub untuk memberikan rambu-rambu di lokasi yang tergenang banjir akibat hujan.

"Banyak masyarakat yang terjebak oleh jalan rusak karena tertutup genangan air akibat hujan. Seharusnya ada rambu-rambu yang diberikan oleh Dishub dilapangan untuk memudahkan masyarakat dan tidak berdampak kepada kemacetan," pungkas Zulkarnain.

Tips sehat selama musim pancaroba

Memasuki musim pancaroba, dimana terjadi adanya ketidak tentuan kondisi cuaca, mengharuskan kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit penyerta pancaroba, Seperti Flu, Batuk, Influenza, Diare, demam berdarah, dan penyakit lain yang biasa terjadi saat musim pancaroba.

Perlu diketahui bahwa saat musim pancaroba, tubuh seseorang dipaksa untuk terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Akibatnya, seseorang yang sedang berada dalam kondisi imun yang kurang baik, akan mudah terserang penyakit.

Berikut ini adalah tips sehat selama musim pancaroba yang wajib diketahui, diantaranya adalah:

  1. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup
  2. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang
  3. Mencuci tangan menggunakan sabun atau Hand Sanitizer baik sebelum maupun setelah makan
  4. Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi 2 kali sehari.
  5. Beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya.

Dengan menerapkan tips sehat selama musim pancaroba diatas, diharapkan mampu meminimalisir potensi terserang penyakit selama musim pancaroba, agar aktivitas dapat tetap berjalan dengan lancar.

Tetap disiplin perilaku hidup sehat dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : tingkatkan kesehatan, tingkatkan IImunitas tubuh, musim pancaroba, ketidaktentuan kondisi cuaca, pekanbaru, kesehatan,